2 Juni 2017

73 Persen Penderita Kanker Serviks ke RS setelah Stadium Lanjut

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Kanker serviks menjadi kanker nomor 2 terbanyak pada perempuan di Indonesia, setelah kanker payudara. Penyebabnya, infeksi HPV (Human Papilloma Virus).

Dokter Spesialis Ongkologi Ginekologi Prof. Dr. dr. Andrijono SpOG(K) mengatakan, sekitar 73,50 persen penderita kanker serviks yang datang berobat sudah berada pada stadium lanjut. "Sudah stadium dua ke atas," kata Andrijono dalam diskusi media di Jakarta, Selasa, 11 April 2017.

Andrijono menjelaskan, penderita kanker serviks yang sudah berada di stadium lanjut, pengobatannya sudah tidak bisa dioperasi. "Pengobatannya hanya disinar atau kemoterapi," ujarnya.

Menurut Andrijono, pengobatan dengan operasi hanya untuk penderita kanker serviks yang masih stadium satu. "Kalau masih stadium satu dan dilakukan operasi, penyembuhannya bisa mencapai 80 persen. Tapi, kalau stadium lanjut dengan disinar atau kemo hanya 6 persen angka kesembuhannya," kata dia.

Melalui skrining, kanker serviks ditemukan pada 1 dari 1.000 perempuan. Angka kematiannya pun diperkirakan satu orang setiap satu jam.

"Data RSCM, dari 73 persen penderita kanker serviks yang stadium lanjut, hanya tersisa 6 persen pada dua tahun berikutnya. Rata-rata meninggal sebelum dua tahun," ujarnya.sumber:tempo
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

#testimoni KANKER SELAMA 8 TAHUN MENGERING

Saya mempunyai teman yang Ayahnya menderita kanker di sekitar tulang pipi dan kelopak mata sebelah kanan. Dan penyakit ini sudah diderita s...

Find Us on Facebook

Arsip Blog

Visitors