15 Maret 2017

Kanker Serviks Juga Dapat Menyebar Melalui Nonseksual

Banyak penelitian menyebutkan, hampir 100% penyakit kanker serviks disebabkan humman papillomavirus (HPV) yang menyebar lewat hubungan seksual. Namun menurut dr. med. Ferdhy Suryadi Suwandinata, SpOG., HPV juga dapat menyebar melalui nonseksual.

"Sekitar 10% hingga 15% penderita kanker serviks tertular HPV saat beraktivitas di luar hubungan seksual. Antara lain menyentuh sesuatu yang telah terkontaminasi oleh virus tersebut. Kita mungkin tak sadar ketika ujung jari kita menyentuh sesuatu yang sebelumnya dipegang oleh orang yang positif HPV. Risikonya kita juga bisa kena," katanya saat diskusi media dengan topik Kanker Perempuan di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta (04/03).

Namun demikian tidak ada pembeda pada gejala apakah penyebabnya akibat hubungan seksual atau faktor nonseksual. Kondisi tersebut sama-sama baru diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan papsmear yang menunjukkan HPV positif.

"Sayangnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk deteksi dini masih rendah. Pun pada wanita yang sudah menikah atau sudah pernah melakukan hubungan seksual. Mereka seharusnya peduli untuk melakukan papsmear setidaknya setahun sekali. Akibat ketidakpedulian, hampir 70% kanker serviks diketahui sudah lanjut."

Kanker serviks sejatinya dapat dicegah dengan papsmear rutin dan membiasakan hidup sehat dengan mencuci tangan seusai berkegiatan guna mengurangi risiko tertular virus HPV. "Vaksin anti HPV juga semakin gencar dikampanyekan dan hal ini boleh dipertimbangkan."

Kabarnya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan anak sekolah dasar 5 dan 6 atau usia di bawah 15 tahun diberi vaksin HPV. "Vaksinasi kanker di dunia baru dua, yakni kanker serviks dan kanker hati. Vaksinasi sebaiknya dilakukan tiga kali seumur hidup. HOGI (Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia) menganjurkan vaksinasi dilakukan pada usia antara 10 hingga 55 tahun.

" Meski demikian, banyak penelitian yang mengungkapkan, pemberian vaksin idealnya dilakukan saat seseorang belum pernah berhubungan seksual.*tribunnews
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

#testimoni KANKER SELAMA 8 TAHUN MENGERING

Saya mempunyai teman yang Ayahnya menderita kanker di sekitar tulang pipi dan kelopak mata sebelah kanan. Dan penyakit ini sudah diderita s...

Find Us on Facebook

Arsip Blog

Visitors