14 Mei 2017

Keputihan Berkepanjangan, Elly Ternyata Kena Kanker Serviks

Keputihan lumrah dialami wanita. Tapi bagi Elly Mawati (50), selama dua bulan ia mengalami keputihan berkepanjangan, meski tidak berbau. Hingga di bulan Mei 2016, Elly didiagnosis kanker serviks stadium 1B.

"Jadi keputihannya kayak pipis gitu. Kayak pas haid, deras, kan terasa ser-ser gitu ya. Nah ini kayak gitu, cuma cairannya bening dan nggak berbau. Sampai saya pakai pembalut," kata Elly ditemui di Seminar Awam Kanker Serviks yang diselenggarakan CISC dan FISIP UI di kampus FISIP UI, Depok, Jumat (12/5/2017).

Diberi obat antijamur pun keputihan Elly yang dia alami selama dua bulan berturut-turut tak membaik. Terkahir, ada pendarahan yang dialami Elly. Tapi diduga, perdarahan disebabkan Elly mengalami pre menopause. Setelah didiagnosis kanker serviks, Elly menjalani bedah histerektomi. 

Tiga hari setelah dioperasi, Elly meminta dokter untuk kembali menjalani terapi kemoterapi oral untuk mengobati kanker usus besar yang dialaminya di bulan Agustus 2015. Karena didiagnosis kanker kolon, Elly juga menjalani bedah pemotongan usus sepanjang 20 cm.

"Waktu itu gejala saya nggak ada BAB berdarah atau apa, cuma berasa benjolan aja di ulu hati. Nanti Agustus 2017 baru selesai kemo oral untuk kanker kolonnya. Kalau untuk kanker serviksnya, udah nggak ada terapi lagi. Cuma kontrol rutin aja," kata ibu tiga anak ini.

Hanya saja, pasca histerektomi, Elly mengalami masalah dengan proses buang air kecilnya. Dikatakan Elly, ia tidak memiliki rasa ingin buang air kecil. Tapi, kini setelah beberapa kali sesi terapi ia mulai merasa membaik. Tiap 2 jam sekalipun Elly pergi ke toilet.

"Untuk ngadepin ini, saya yakin dengan semangat dan keyakinan kita bisa sembuh dan ini nggak terulang lagi. Awalnya memang sempat drop. Tapi dukungan dari keluarga, teman-teman di CISC bikin saya kuat juga. Pesan saya, terutama untuk wanita yang sudah aktif secara seksual baiknya lakukan IVA atau pap smear dan jangan lupa vaksinasi," pungkas wanita yang tinggal di Jakarta Timur ini.detik
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

#testimoni KANKER SELAMA 8 TAHUN MENGERING

Saya mempunyai teman yang Ayahnya menderita kanker di sekitar tulang pipi dan kelopak mata sebelah kanan. Dan penyakit ini sudah diderita s...

Find Us on Facebook

Arsip Blog

Visitors