11 Maret 2016

Kenali Gejala Kanker Serviks Melalui Tingkatan Stadium

Kanker serviks membunuh melalui beberapa tahap (stadium). Bagaimana tingkatan stadium kanker serviks?

Stadium 1
Yang terjadi: sel kanker baru “berkunjung” ke mulut rahim. Pada fase ini kita harus menyadari, tidak ada istilah sembuh melainkan five-year survival rate (FYSR) atau kemungkinan lima tahun bertahan. Dihitung dari sejak diagnosis ditegakkan dokter. Yang bisa dioperasi hanya kanker serviks stadium 1 sampai 2A. 
FYSR: peluang sembuh 80 sampai 99 persen. 

Stadium 2
Yang Terjadi: pada stadium 2A sel kanker menjalar ke mulut rahim namun belum menyenggol parametrium (jaringan renggang di sekitar uterus). Pada stadium 2B sel kanker mulai menggerogoti parametrium. Pasien mungkin belum merasakan efek saat sel-sel kanker merangsek masuk ke parametrium. Yang dirasakan bisa jadi pegal-pegal dan tidak enak di perut. Gejala yang bisa ditengarai, post-coital bleeding (pendarahan setelah berhubungan intim). Kalau tumor sudah membesar, bisa pendarahan sendiri saat berjalan. 
FYSR: 60 sampai 90 persen.

Stadium 3
Yang terjadi: mulai ada gangguan saat buang air kecil. “Ginjal membesar atau mengalami hidronefrosis (pembesaran satu atau dua ginjal akibat terhalangnya aliran urine). Kalau kita cek fungsi traktus urinarius (sistem yang terdiri dari struktur-struktur yang menyalurkan urine dari ginjal ke luar tubuh) sudah tidak normal,” papar Andriana. 
FYSR: 30 sampai 50 persen.

Stadium 4
Yang terjadi: mestatasis (penyebaran kanker dari situs awal ke tempat lain di tubuh).
FYSR: hanya 20 persen. Jika belum menikah atau melakukan kontak seksual, Anda disarankan menangkal kanker serviks dengan vaksin. Ada dua jenis vaksin: bivalen untuk HPV 16 dan 18 serta kuadrivalen untuk menangkal HPV tipe 16, 18, 6, dan 11. “Jika telah menikah atau pernah melakukan kontak seksual, silakan papsmear. Di tempat saya bekerja misalnya, papsmear hanya 169 ribu rupiah dan vaksin HPV mulai 2,2 juta rupiah,” pungkas Andriana.*tempo
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

#testimoni KANKER SELAMA 8 TAHUN MENGERING

Saya mempunyai teman yang Ayahnya menderita kanker di sekitar tulang pipi dan kelopak mata sebelah kanan. Dan penyakit ini sudah diderita s...

Find Us on Facebook

Arsip Blog

Visitors