24 April 2016

Jangan Takut, Setahun Sekali Yuk Ikut Tes IVA untuk Deteksi Kanker Serviks

Salah satu alasan yang membuat seorang wanita malas melakukan pemeriksaan inspeksi visual asam asetat (IVA) adalah karena takut. Padahal pemeriksaan penting untuk mendeteksi adanya kejadian kanker serviks yang disebabkan oleh human papiloma virus (HPV).

Ahli kandungan dr Oni Khonsa, SpOG, dari RS Persahabatan mengatakan kanker serviks adalah jenis kanker yang bersaing dengan kanker payudara sebagai pembunuh wanita nomor satu di dunia. Hanya saja bedanya kanker serviks ini bisa dengan lebih mudah dicegah karena perjalan penyakitnya lama dan bahkan sudah tersedia vaksinnya.

"Tidak semua kanker punya tahap pra kanker. Alhamdulillah perjalanan dari sejak mulai ada kelainan sampai timbul kanker serviks itu bisa 17 tahun sehingga kalau kita datang periksa mungkin masih di tengah-tengah sehingga bisa kita putus dan tak jadi kanker," kata dr Oni dalam acara diskusi di RS Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (25/4/2016).

"Tolong cek. 'Ah nanti malah ketahuan saya makin stres. Nggak usah deh saya belum siap mental'. Jangan mikir seperti itu," lanjut dr Oni.

Ketakutan dan rasa malu seperti yang dicontohkan tersebut adalah hambatan yang kerap dihadapi oleh tenaga kesehatan dan menjadi penyumbang angka kematian satu wanita setiap satu jam di Indonesia karena kanker serviks. Oleh karena itu dr Oni menyarankan setidaknya lakukan cek kesehatan rutin setahun sekali untuk mengetahui penyakit sebelum jadi kanker.

"Siapa saja yang harus diperiksa? Semua wanita yang sudah pernah senggama berisiko terkena dan harus periksa," kata dr Oni.

"Jangan takut kita cek mudah-mudahan hasilnya negatif dan kalau pun terdeteksi IVA positif, itu namanya baru lesi pra kanker bukan kanker. Kembali lagi jangan takut karena kita bisa obati tuntas," pungkasnya.*detik
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

#testimoni KANKER SELAMA 8 TAHUN MENGERING

Saya mempunyai teman yang Ayahnya menderita kanker di sekitar tulang pipi dan kelopak mata sebelah kanan. Dan penyakit ini sudah diderita s...

Find Us on Facebook

Arsip Blog

Visitors