12 Agustus 2016

Sering Dikira Rumit, Pengobatan Kanker Serviks Justru Mudah Dilakukan

Kanker identik dengan penyakit yang mengerikan dan sulit disembuhkan. Pengobatannya pun biasanya rumit dan memakan waktu lama. Padahal banyak pakar sepakat, pengobatan kanker tak melulu merepotkan.

Alasannya, sebagian besar kasus kanker umumnya bisa dicegah. Dan yang tak banyak diketahui orang adalah pengobatannya juga tak rumit-rumit amat. Seperti misalnya kanker serviks atau mulut rahim.

Dijelaskan Prof Dr dr Andrijono, SpOG(K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo, kanker serviks idealnya ditangani dengan cryotherapy.

"Ini sesuai dengan panduan WHO, 'screen with HPV-DNA; treat with cryotherapy' sebab morbiditasnya sangat rendah," paparnya dalam kuliah umum di Pertemuan Ilmiah Tahunan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia di Hotel Alila Solo, Selasa (9/8/2016).

Selain itu, cryotherapy dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hal ini menepis anggapan bahwa cryotherapy hanya bisa dilakukan di ruang operasi.

"Tolong itu dihilangkan pandangan seperti ini karena cryotherapy kapan saja bisa dilakukan, di klinik atau puskesmas, bahkan pasien bisa berobat jalan dan murah. Dalam 2 minggu hasilnya sudah bagus," pesannya.

Hanya saja ia mengakui kendalanya ada pada gas yang digunakan untuk cryotherapy yakni nitrat oksida (N2O) yang masih sulit didapat, terutama di daerah-daerah. "Makanya mereka masih harus lari ke Surabaya atau Jakarta untuk mendapatkannya," imbuhnya.

dr Andri berpesan, skrining baiknya dilakukan oleh semua wanita yang sudah menikah, meskipun kanker ini bisa saja menyerang wanita lajang atau masih belum dewasa.

"Kalau nggak ada HPV-DNA, IVA cukuplah, malah lebih bagus dari pap smear. Hasilnya bisa langsung kelihatan, bisa langsung di-treatment," pungkasnya.*detik
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

#testimoni KANKER SELAMA 8 TAHUN MENGERING

Saya mempunyai teman yang Ayahnya menderita kanker di sekitar tulang pipi dan kelopak mata sebelah kanan. Dan penyakit ini sudah diderita s...

Find Us on Facebook

Arsip Blog

Visitors